RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tematik kelas 1 semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Tema                          : KESEHATAN

Kelas/Semester          : I/2

Minggu/Hari              : ……  / …..

Alokasi Waktu           : 6 x 35 menit

A. Standar Kompetensi :

  1. IPS                  : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
  2. Pkn                  : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
  3. IPA                 :Mengenal benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta    pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.

B. Kompetensi Dasar    :

  1. IPS                  : menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
  2. PKn                 : menjelaskan aturan yang berlaku di masyarakat.
  3. IPA                 : mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.

C. Indikator                    :

  1. IPS :
  • Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
  • Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.
  1. PKn :
  • Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat.
  • Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
  • Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat.
  1. IPA :
  • Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan.
  • Menjelaskan keuntungan musim hujan.
  • Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba.
  • Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.

D. Alokasi Waktu           : 6 x 35 Menit

E. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

IPS :

  • Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.
  • Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan.

PKn :

  • Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan masyarakat.
  • Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
  • Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat.

IPA :

  • Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan.
  • Menjelaskan keuntungan musim hujan.
  • Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba.
  • Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.

F. Materi Pembelajaran

–          Hak dan kewajiban anggota masyarakat.

–          Lingkungan rumah sehat

–          Berbagai benda langit dan peristiwa alam.

G. Metode

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Diskusi
  4. Inquiri
  5. Penugasan

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 Pendahuluan ( 1 x 35 Menit )
a.   Berdoa bersama dilanjutkan absensi.

b.   Membahas tugas dipertemuan sebelumnya.

c.   Menyanyikan lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan” untuk memberi semangat siswa.

Kegiatan Inti ( 4 x 35 )

a.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kompetensi yang harus dicapai oleh siswa, dilanjutkan dengan menyajikan materi pelajaran.
b.   Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang dan guru menyajikan beberapa gambar yang menunjukkan lingkungan rumah yang sehat dan lingkungan rumah yang tidak sehat.
c.    Tiap kelompok di suruh membedakan dan mengidentifikasi perbedaan  antara lingkungan rumah sehat dan tidak sehat.
d.   Siswa menyebutkan peralatan untuk merawat kebersihan rumah.
e.    Siswa menjelaskan cara-cara membersihkan rumah yang baik dan benar.
f.     Siswa menyiapkan alat-alat kebersihan yang telah diinformasikan pada pertemuan sebelumnya.
g.    Siswa secara bersama-sama melaksanakan kerja bakti di lingkungan kelas. Agar siswa mengenal kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat.
h.   Melalui diskusi kelompok siswa menjelaskan manfaat kerja bakti di sekolah dan di masyarakat.
i.      Setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara merawat lingkungan rumah yang sehat.
j.     Guru menyajikan video yang berisi tentang tanda-tanda hujan, kemudian siswa secara berkelompok diminta mengamati video tersebut dan menganalisisnya.
k.   Berdasarkan pengalaman siswa, siswa diminta menceritakan hal-hal yang menyenangkan ketika hujan turun.
l.      Menyebutkan akibat-akibat yang dirasakan bila bermain hujan-hujanan.

m. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya.

Penutup ( 1 x 35 )

a.      Memberikan evaluasi pada siswa tentang materi  yang baru disajikan.
b.      Refleksi ( misalnya : anak-anak apa kesan kalian setelah mengikuti kegiatan ini? ).
c.   Melaksanakan penilaian dengan memberikan soal-soal tes yang harus dikerjakan oleh siswa.

 I.  Sumber dan Media Pembelajaran

  • Buku IPS, IPA, PKn  Kelas I semester 2.
  • Foto/gambar lingkungan rumah yang sehat dan tidak sehat.
  • Peralatan kerja bakti.
  • Video pembelajaran tentang  tanda-tanda hujan.

 J. Penilaian

Teknik penilaian
a.   Tes tertulis
b.   Tes unjuk kerja

Bentuk Instrumen

LKS ( Lembar Kerja Siswa )

Contoh Lembar Kerja Siswa IPS

Kelompok :…….

Anggota :

1.

2.

3.

Coba tuliskan nama alat kebersihan yang ada di rumahmu !

 

No

Alat kebersihan di rumah

Terbuat dari

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

 

Tinggalkan komentar